welcome

" Selamat Datang di Catatan Omar Kwox online - Terimakasih Atas Kunjungannya .............!"
Breaking News
Loading...

Pencerahan

fatwaTarjihMu

Jumat, 10 Oktober 2014

menggoyang dan menghancurkan setia hati terate

10/10/2014 08:57:00 AM
Berapa tahun dan bulan terakhir, dunia pencak silat umumnya dan persaudaraan setia hati terate secara khusus telah hadapkan pada kenyataan dan keaadaan atas berbagai perseteruan”perkelahian”, terbentuknya dan munculnya organisasasi persaudaraan pencak silat yang berhubungan dengan Persaudaraan Setia Hati Terate, Ki Hadjar Hardjo Oetomo sebagai pendiri PSHT dan Ki Ngabehi Soerodwiryo sebagai soko guru Ajaran Setia Hati. Berita terkait kenyataan dan keadaaan tersebut bisa lihat dan diakses pada berbagai berita media cetak maupun online dan juga pembicaraan dikalangan warga Persaudaran Setia Hati Terate maupun anggota perguruan lain yang terkadang menjadi olokan dan ejekan terhadap persaudaraan setia hati terate.1)

Dari saat berdirinya pada tahun 1922 di Madiun, SH Terate saat ini telah berusia 82 tahun, beberapa saat lagi akan mencapai 1 abad. Sesuatu pencapaian yang luar biasa sebuah organisasi kemasyarakatan khususnya beladiri bisa bertahan dan bahkan telah berkembang menjadi yang terbesar di Beladiri, Pencak Silat maupun di Setia Hati sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa SH Terate telah berjasa pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dengan ditetapkannya Ki Hadjar Hardjo Oetomo sebagai Pahlawan Perintis Kemerdekaan. SH Terate juga merupakan salah satu dari 10 Perguruan/Organisasi yang punya andil besar terhadap terbentuk dan berdirinya IPSI pada tanggal 28 Mei 1948.2).

SH Terate telah memberikan kontribusi yang besar dalam membesarkan Pencak Silat yang merupakan warisan budaya Indonesia yang telah mendunia. Saat ini kepengurusan psht setingkat Cabang ditingkat kota/kabupaten yang sudah terdaftar mencapai 200 cabang, 24 komisariat Perguruan Tinggi dan 6 komisariat luar negeri yang tersebar di Malaysia,Belanda, Timor Leste,Russia (Moskow),Korea Selatan,Jepang, Hongkong,Belgia dan Perancis.) Jumlah anggota persaudaraan Setia Hati Terate saat  ini mencapai lebih dari 8 juta orang.3.a)

Diakui atau tidak bahwa Perguruan dan Organisasi Pencak Silat yang ada dan berkembang besar seperti yang ada sekarang ini telah mengikuti cara,model,gaya dan metode persebaran dari setia hati terate, oleh karena itu tidaklah salah jika kemudian semua yang berkaitan dengan SH Terate telah didaftarkan Merk dan Hak Patent (8 hak patent) nya dilembaga terkait dan saat ini juga dalam proses Merk dan Hak Patent Internasional.4) dan semoga bisa berkembang bukan hanya 8 hak patent.
Sejarah panjang persaudaraan SH Terate tidak lepas dari berbagai persoalan, pada awal berdirinya telah mendapat hambatan dari Pemerintah Hindia Belanda. Pada era 70-an sampai saat ini juga telah terjadi  benturan dengan keberadaan sesama saudara Setia Hati yaitu Setia Hati Tunas Muda Winongo 5), PSHT sejak tahun 90-an juga mulai berbenturan dengan perguruan silat lain lain seperti IKS-PI “ Kera Sakti” 6), SH terate juga ada benturan dengan PSNU Pagar  Nusa dan Banser7), ormas islam seperti FPI juga dikaitkan ada masalah dengan SH Terate8), keluraga keraton 9) dan masyarakat umum.10)
Apakah ini sudah menjadi hukum alam dan takdir bagi kebesaran SH Terate ataukah ini suatu upaya terstruktur,sitematis dan masif  (TSM) 11) dari perorangan atau kelompok yang tidak suka terhadap keberadaan SH Terate, secara hubungan eksternal itulah senyatanya yang terjadi pada SH Terate dalam beberapa dekade ini. Dalam lingkup internal persaudaraan SH Terate, juga terjadi  beberapa hal terkait dengan ketidakpuasan Warga persaudaraan terhadap kinerja pengurus pusat PSHT12) yang berbuntut demo warga persaudaraan di berbagai daerah, munculnya organisasi baru Persaudaraan Rumpun Setia Hati (PRSH) yang mengaku penerus yang syah SH PSC,Ki Hadjar Hardjo Oetomo dan 1922 13) serta “organisasi” Persaudaraan Setia Hati Pilangbango (PSHP) sebagai trah SH PSC,Ki Hadjar Hardjo Oetomo dan 1922 14) .
Adanya situs,blog dan group dalam berbagai jejaring sosial yang secara terang-terangan dan terbuka menamakan “Persatuan” anti Setia Hati Terate 15),dan juga adanya situs/blog dan group dalam jejaring sosial yang sama berusaha mengkerdilkan,membelokkan dan bahkan berusaha memutus mata rantai hubungan Persaudaraan Setia Hati Terate dengan Setia Hati,Ki Ngabehi Soero Dwiryo,Ki Hadjar Hardjo Oetomo dan 192216) semakin memperkuat dugaan adanya upaya TSM untuk menggoyang dan menghancurkan SH Terate oleh perseorangan atau kelompok yang tidak menginginkan SH Terate semakin besar untuk Memayu Hayuning Bawono.
Terbentuk dan terbangunnya stigma dan pelabelan negatif terhadap SH Terate di masyarakat seperti SH Terate “aliran” Ilmu Hitam, SH Terate biang kerok dari perkelahian”perseteruan” antar perguruan pencak silat, SH Terate pengkhianat SH, Jumawa,Murtad,SH Merah,PKI dan lain-lain17) boleh jadi adalah juga merupakan bagian dari upaya-upaya menggoyang dan menghancurkan Setia Hati Terate.
STK, Jojo Gendilo “tjipto” Moeljo, Setia Hati, Ki Ngabehi Soero Dwiryo, 1903, Ki Hadjar Hardjo Oetomo, dan 1922   telah menjadi ikon dan label yang melekat dan tidak bisa dipisahkan dari SH Terate dalam Pencak Silat dan perkembangannya selama 82 tahun. Usaha-usaha untuk membelokkan sejarah dan klaim atas STK, Jojo Gendilo “tjipto” Moeljo, Setia Hati, Ki Ngabehi Soero Dwiryo, 1903, Ki Hadjar Hardjo Oetomo dan 1922, pemberian Stigma dan lebel negatif dan selalu menghubungkan dengan berbagai peristiwa negatif  untuk menjauhkan masyarakat dengan PSHT justru merugikan tidak hanya PSHT, tetapi juga Setia Hati, Pencak Silat dan Masyarakat Umum karena berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan.

Semua yang terjadi selama ini adalah merupakan perang persepsi, pendapat dan pemikiran walaupun beberapa persepsi, pendapat dan pemikiran pihak tertentu tanpa didasari metodologi,bukti dan literatur yang bersifat ilmiah dan tidak bertanggungjawab. Meluruskan, membenarkan atau sebaliknya harus didasari pada hal yang sama. Disamping itu juga membiasakan dan mensosialisasikan berita dan  kegiatan yang positif  yang dapat membangun opini  dan image SH Terate menjadi baik.18)
Para pihak yang terkait,  saudara setia hati, saudara anggota perguruan silat lain, masyarakat umum  dan khususnya warga persaudaran setia hati terate harus bijaksana,legowo dan bisa menghargai pilihan dan perbedaan yang ada dan terjadi tanpa harus terprovokasi pada segala peristiwa, kejadian dan dinamika yang bisa menurunkan harkat dan martabat persaudaraan setia hati terate dan pencak silat.
Warga Persaudaraan Setia Hati Terate harus tetap bisa menjaga independensi dari berbagai kepentingan perseorangan maupun kelompok yang ingin menggunakan persaudaraan setia hati terate untuk mencapai tujuan dan kepentingan perseorangan dan kelompok tertentu, serta tetap berpegang pada tujuan Setia Hati Terate untuk mendidik manusia berbudi luhur yang tahu benar dan salah, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta turut Memayu Hayuning Bawana.3.b)
Semua yang telah terjadi adalah jalan yang harus dilalui oleh Persaudaraan Setia Hati Terate, menjadi pembelajaran  memperbaiki diri dan organisasi semakin berkembang dan lebih besar lagi untuk berbuat kebajikan. Karena bila ada kedhaliman atas suatu bangsa19) murka Tuhan pasti datang sebagai pembalasan, telah banyak sudah bangsa-bangsa”kaum” besar yang dihancurkan Tuhan, maka sebaiknya itu semua dijadikan pedoman dan pembelajaran.20)
SELAMA MATAHARI MASIH BERSINAR, SELAMA BUMI MASIH DIHUNI MANUSIA,
SEMOGA SELAMA ITU PULA SH TERATE, TETAP JAYA, KEKAL ABADI, SELAMA-LAMANYA

Samarinda, 26 Agustus 2014
Umar Sodik“anggota PSHT Ranting Wringinanom Gresik,terdaftar sebagai Warga PSHT ranting IAIN Cabang Surabaya (NIW:950200079), pernah menjadi Sekretaris PSHT cabang Rejang Lebong Bengkulu.
Referensi:
33.Diolah dan dikutip dari pernyataan pengurus pusat PSHT dalam dialog khusus di TVRI Surabaya Jawa Timur, sumber: http://www.youtube.com/watch?v=aANWT3jDg9Q. dan sumber lain.
44. Dikutip dari pendapat pribadi penulis di https://id.wikipedia.org/wiki/Persaudaraan_Setia_Hati_Terate
5.       Melacak Akar Konflik Antar Perguruan Silat di Karisidenan Madiun, http://antrounair.wordpress.com/2008/04/02/melacak-akar-konflik-antar-perguruan-silat-di-karisidenan-madiun/
6.       http://majalahbuser.com/bentrok-1-pendekar-psht-vs-9-pendekar-kera-saksi-di-kediri.html (catatan :a.  belum ditemukan berita/artikel lebih lama yang relevan dan berkaitan. Tahun 1995 penulis pernah memperoleh informasi perkelahian antar psht dan kera sakti di Lamongan Jawa Timur, b. berbagai posting maupun video di www.youtube.com dan sumber lain menunjukkan adanya perseteruan tersebut).
16. Istilah yang ngetrend dan populer saat gugatan hasil pilpres 2014 di MK
17. http://www.youtube.com/watch?v=1w2R9hCk_ho, Mas Gembong meluruskan organisasi PSHT
111.   http://sejarahpsc.blogspot.com/ http://stk1903sby.blogspot.com/ http://kandangsh.blogspot.com/p/sh-terate.html, (contoh situs/blog dan jejaring sosial yang berusaha memutus/menghilangkan keberadaan SH Terate dari dan dengan Eyang Suro, Ki Hardjo Oetomo dan 1922)
112.   Diolah dari berbagai posting,komentar dan perdebatan di berbagai Situs,Blog dan Jejaring Media Sosial tentang SH Terate dan juga alasan orang tua melarang anak-anaknya mengikuti latihan SH Terate serta pendapat beberapa orang yang berhasil di himpun penulis.
114.   Bisa maksud dan diasumsikan kaum,kelompok atau organisasi (catatan penulis)
215.   Dikutip dari Irama,Rhoma,H, Malapetaka-lirik lagu, Sumber:http://lirik.kapanlagi.com/artis/rhoma_irama/malapetaka 
Keterangan Foto: 1. Kadhang SH, 2.       Logo IPSI, 3.       Test Putih Cabang Mojokerto tahun 2014 dan 4. PN dan PSHT amankan Harlah NU Subang secara bersama, sumber: http://www.nu.or.id/onefiles/nu_or_id/dinamic/mid/1359664189.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

linkage

kumpulan mantra santi aji asma' dzikir wirid dan do'a

sutraLine

 
Toggle Footer